HASIL SELEKSI PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS





Buat teman-teman yang bingung mencari judul penelitian, ini saya kasi beberapa judul penelitian PTK, mudah-mudahan bisa memberi inspirasi.....




HASIL SELEKSI PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(CLASSROOM ACTION RESEARCH) TAHUN 2006 YANG LOLOS












































































































































































NO
JUDUL
1.
Penerapan Model PBL pada Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007
2.
Pengembangan Model Keterampilan Proses Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Produk Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar
3.
Implementasi Metode Pembelajaran SQ3R Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Singaraja
4.
Penerapan Pengajaran Konseptual Interaktif dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X3 SMA Negeri 3 Singaraja
5.
Implementasi Strategi 5E dengan Bahan Ajar Bermuatan Perubahan Konseptual sebagai Upaya Mengubah Miskonsepsi, dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 6 Singaraja
6.
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Diklat Menyiapkan, Menyajikan Minuman Non-Alkohol Siswa II A1 SMKN 2 Singaraja
7.
Pemberdayaan Prior Experience dalam Pembelajaran Modul Praktikum dengan Model Experential Learning sebagai upaya Meningkatkan Kompetensi Sains Siswa SMPN 2 Singaraja
8.
Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa Kelas II SMP Negeri 2 Singaraja
9.
Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbasis Inkuiri Bermedia Karikatur untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa SMP Lab. IKIP Singaraja
10.
Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Singaraja
11.
Implementasi Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan LKS dengan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP
12.
Implementasi Teori Belajar Action, Process, Object, Schema dengan Menggunakan Pendekatan Siklus: Activities, Class-Discussion, Exercise untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP
13.
Implementasi Model Pembelajaran Reasoning and Problem Solving Berbasis Open-Ended Problem untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja
14.
Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Negeri 38 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007
15.
Peningkatan Penguasaan EYD Karangan Narasi dengan Teknik Koreksi Teman Sebaya Siswa Kelas VI SD Anjasmoro 02 Semarang
16.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika dengan Metode Presentasi Siswa Kelas Imersi SMP 1 Magelang Tahun Pembelajaran 2006/2007
17.
Upaya Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Pelajaran PKPS melalui Program Pembiasaan Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanggedang Tahun Pelajaran 2006/2007
18.
Efektivitas Problem Solving dengan Memanfaatkan Alat Peraga dalam Pembelajaran Geometri di Kelas VIII B SMP Negeri 2 Demak Tahun 2006
19.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Peluang melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI MA Mualimat NW Pancor Lombok Timur NTB
20.
Peningkatan Daya Berpikir Kritis Siswa terhadap Kondisi Lingkungannya melalui Penggunaan Peta Konsep pda Pembelajaran Sosiologi Kelas VII SMPN 1 Aikmel
21.
Strategi Manajemen Saluran Penanganan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemandirian dan Tanggung Jawab pada Siswa SMPN 1 Selong
22.
Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Madrasah Aliyah Negeri Selong
23.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Reading Comprehension Siswa Kelas X2 SMA PGRI 1 Lubuk Linggau dengan Menggunakan Pendekatan Genre-Based Approach
24.
Kolaborasi Pendekatan Struktural dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Diskusi dalam Mengoptimalisasikan Pembelajaran Apresiasi Puisi Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Linggau
25.
Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Instrinsik Dongeng Melalui Teknik Bercerita Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Lubuk Linggau
26.
Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Lubuk Linggau Melalui Pengintegrasian Metode Clustering dan Journalist's Questions
27.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA/Sains Siswa Kelas IV dengan Pendekatan Kontekstual pada Sekolah Dasar Negeri 6 Matangglumpangdua Kecamatan Peusangan
28.
Upaya Menuntaskan Indikator Pembelajaran Siswa dengan Model Direct Instruction Konsep Tata Surya Mata Pelajaran IPA - Fisika (Studi pada Siswa Kelas I-1 SMPN 12 Langsa)
29.
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas 7 SMPN 1 Kotamadya Bengkulu
30.
Meningkatkan Keterampilan Menulis Wacana Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Metode Investigasi Kelompok
31.
Pengkombinasian Problem Possing dan Cooperative Learning untuk Pengajaran Matematika di Kelas Unggul pada SMP Rintisan Sekolah Standar Nasional
32.
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I-B SMPN 5 Kendari Melalui Model Kooperatif Tipe Think-Paire-Share
33.
Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas III IPA SMA Negeri 8 Kendari Melalui Model Pembelajaran Inquiri
34.
Meningkatkan Keterampilan Merumuskan Kesimpulan Melalui Penggunaan Peta Konsep pada Pengelompokan Makhluk Hidup Mata Pelajaran Sains-Biologi di Kelas VII-1 SMP Negeri 9 Kendari
35.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Tongkat Estafet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Makanan (Kaji Tindak di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kendari)
36.
Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VI SD Negeri 32 Poasia Kendari dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbentuk Cerita Melalui Pendekatan Matematika Realistik
37.
Meningkatkan Penguasaan Konsep Matematika Pokok Bahasan Statistika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kendari
38.
Penerapan Model Pembelajaran Advanced Organizer untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa XI Ilmu Alam SMA Negeri 5 Kendari
39.
Efektivitas Model Pembelajaran Rogers dalam Mengatasi Kesulitas Siswa Memahami Konsep Matematika Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar dan Logaristma di Kelas X Madrasah Aliyah Pesri Kendari
40.
Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas X SMAN 4 Kendari dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif
41.
Upaya Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Raklin dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri No. 9 Mandonga
42.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Melalui Penerapan Strategi Concept Mapping pada Kelas II.2 SMPN 12 Kendari
43.
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mempelajari Naratif Teks Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning
44.
Meminimalkan Kesalahan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas II MTsN Kenali Besar Jambi Melalui Penggunaan Pita Garis Bilangan
45.
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Inggris di SMPN 1 Jember melalui Learning Community dengan Teknik Permainan Komunikatif
46.
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menyimak, Membaca, dan Menulis Bahasa Inggris Siswa SMP 1 Jember melalui Cerita
47.
Pembelajaran Sain Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Academic Skill Siswa MI Miftahul Ulum Serut 02 Jember
48.
Penerapan Metode Pembelajaran Konsultatif (Sebuah Inovasi dalam Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas II SMAN 1 Arjasa Jember
49.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Materi Aritmetika Sosial Menggunakan Pendekatan Kontekstual
50.
Meningkatkan Pemahaman Siswa SLTPN 8 Jember tentang Kesebangunan dengan Penemuan Terbimbing (Guide Discovery)
51.
Penerapan Strategi Belajar dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktipan Belajar Siswa Prestasi Hasil Belajar pada Siswa Kelas III di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2005 - 2006
52.
Peningkatan Image Anak tentang Tempat-Tempat Jauh (Hubungannya dengan Kehidupan Manusia dan Lingkungan) melalui Media Gambar dan Group Discussion di SDN Kranjingan 3 Sumbersari-Jember
53.
Peningkatan Pemahaman Konsep-Konsep Biologi Melalui Strategi M2E (Mapping, Matrix, & Elaboration) pada Siswa Kelas 1 SMP Negeri 5 Banjarmasin
54.
Mengatasi Miskonsepsi Siswa Kelas III SMPN 24 Banjarmasin pada Materi Ajar Listrik Dinamis dengan Menerapkan Teknik Pemodelan dalam Setting Pembelajaran Generatif
55.
Meminimalkan Kesalahan Siswa Kelas III-IPA SMAN 1 Banjarmasin dalam Menyelesaikan Persamaan Trigonometri Melalui Strategi Konflik Kognitif dan Problem Solving dalam Pembelajaran Kooperatif
56.
Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Mengatasi Permasalahan dalam Pembelajaran Kimia Akibat Heterogenitas Kemampuan Siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Banjarmasin
57.
Memanfaatkan Metode Debat Secara Formal untuk Mengoptimalkan Pemahaman Bioetika pada Pembelajaran Materi Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas XI MAN 1 Banjarmasin
58.
Implementasi Pendekatan Pembelejaran Kooperatif dalam Pembelajaran Biologi Semester Gasal Tahun Ajaran 2005/2006 untuk Mengatasi Rendahnya Pemahaman Siswa Kelas IIIB SMPN 21 Banjarmasin
59.
Efektivitas Pembelajaran Kimia Kelas X Semester I SMA Swadhipa Natar melalui Penerapan Metode Eksperimen Berwawasan Lingkungan
60.
Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Wacana Berbahasa Inggris Siswa Kelas XI dengan Text-Based Listening di SMAN I Natar Lampung Selatan
61.
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMPN 5 Bandar Lampung melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
62.
Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Memanfaatkan Aneka Sumber Belajar di SMPN I Pugung Kabupaten Tanggamus
63.
Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Portofolio untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Semester 1 SMA YP UNILA Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2005/2006
64.
Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Ampenan
65.
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Tanggungjawab Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Melalui Penggunaan Metode Cooperative Learning Model Jigsaw di SMP Negeri 2 Mataram Kelas VIII
66.
Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab melalui Permainan (Studi di Sekolah Dasar Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Malang)
67.
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Jigsaw dalam Pembelajaran Sains di SMP Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2005/2006
68.
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif (Tipe Pendekatan Struktural Think-Pair-Share) Siswa SMA Negeri I Metro Tahun Pelajaran 2006/2007
69.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Penyelidikan Kelompok pada Siswa Kelas X SMAN 3 Metro Lampung
70.
Pembelajaran di Luar Kelas dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Bersama untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Lingkungan Siswa Kelas III SDM Kota Metro
71.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Kelas VII di SMP Negeri 3 Metro Tahun 2005
72.
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mengintegrasikan Nilai-Nilai Imtaq dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2006/2007
73.
Model Penemuan dan Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Realistik pada Pembelajaran Matematika di SD Pertiwi Teladan Metro Tahun Pelajaran 2005/2006
74.
Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas VII SMP Maryam Surabaya dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
75.
Penerapan Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah pada Konsep Ciri-ciri Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SLTP Muhammadiyah 5 Surabaya
76.
Peningkatan Kompetensi Menulis Pengalaman Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Gatak Melalui Pola Latihan Berjenjang
77.
Peningkatan Peran Aktif dan Motivasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Sumbang melalui Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Discovery
78.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Menggunakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
79.
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Pelajaran Sejarah melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Purwokerto
80.
Upaya Mengembangkan Kemampuan Siswa Meneliti Sejarah Lokal melalui Model Inkuiri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purwokerto Tahun Ajaran 2006 - 2007
81.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournaments) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika (Studi di SMP Negeri 4 Purwokerto)
82.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Peningkatan Motivasi dan Partisipasi Siswa serta Kualitas Hasil Belajar di SMA Negeri II Samarinda
83.
Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 05 Pagi Cakung Jakarta Timur
84.
Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Pendekatan Realistik Matematik di SDN Mekarsari 06 Tambun - Bekasi
85.
Implementasi Portofolio Berbasis Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan hasil Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa
86.
Penerapan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah yang Diintervensi dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia di SMU
87.
Efektivitas Pendekatan Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil IPA di SDN 62 Pare-Pare
88.
Pembelajaran Bangun Ruang Secara Konstruktivis dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas V SD Negeri 10 Watampone
89.
Peningkatan Mutu Proses dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas II SMA Negeri 21 Makassar
90.
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif di SMP Negeri 24 Makassar
91.
Model Pembelajaran Seni Rupa di SMU Negeri 2 Malang dengan Penggunaan Desain Media Reproduksi Grafika untuk Mengembangkan Kreativitas Anak
92.
Penggunaan Model Pembelajaran Siklus Belajar dan Belajar Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri I Tumpang - Malang
93.
Aplikasi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Pembelajaran PSKn Kelas IV di SDI Sabilillah Malang
94.
Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Pendekatan Proses Membaca dalam Membaca Cerita di Kelas 3 SD Negeri Bendogerit Kota Blitar
95.
Penerapan kegiatan Hands on Activity dan Modified Discovery-Inquiry pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas I SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang
96.
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Malang
97.
Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Hasil dan Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Malang
98.
Penggunaan Media Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Komunikasi Total untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu Kelas Rendah di SLB Bagian B YPTB Malang
99.
Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi Kooperatif Model STAD pada Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI Jenderal Sudirman Malang
100.
Pengefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen melalui Pemanfaatan Pertanyaan "Bagaimana Jika …" pada Siswa Kelas X MAN Malang I
101.
Peningkatan Pemahaman Geografi dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Kerangka Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Kelas X SMA Negeri I Batu
102.
Penerapan Metode SQ3R sebagai Upaya untuk Meningkatkan Tingkat Kemampuan Penguasaan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SLTP Negeri 27
103.
Implementasi Konseling Perkembangan dalam Pembelajaran sebagai Model Pembiasaan Perilaku Belajar Siswa SD Negeri 064018 di Medan Sunggal
104.
Upaya Peningaktan Keaktifan Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi dan Latihan pada Pembelajaran Teknik Tailoring Kelas II A Semester 3 SMKN 6 Padang
105.
Upaya Meningkatkan Penalaran Fisika Siswa melalui Penekanan Konsep Esensial dan Peta Konsep di Kelas 2 SMP 7 Padang
106.
Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa melalui Model Mengajar Perubahan Konseptual pada Mata Pelajaran Sejarah di SMP Pembangunan KORPRI UNP
107.
Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Aktivitas Bertanya dan Kemampuan Menjelaskan Konsep dan Prinsip Fisika di Kelas 1 SMA 3 Padang
108.
Upaya Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan melalui Optimalisasi Jeda Strategis dengan Karikatur Humor pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negei 7 Padang
109.
Usaha Peningkatan Efektifitas Belajar Mengajar melalui Pendekatan Penyajian Garis Gerak Perubahan pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA
110.
Pemaksimalan Kompetensi Siswa Kelas X SMA 3 Semarang dengan Pendekatan Penerapan Penelitian dalam Pembelajaran Kimia
111.
Meningkatkan Kompetensi Dasar Siswa Kelas IX SMP 25 Semarang dalam Pokok Bahasan Lingkaran melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe TGT Bercirikan CTL
112.
Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Kimia sesuai KBK 2004 di Kelas X SMA Negeri 5 Semarang dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD
113.
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi FPB dan KPK dengan Mendayagunakan Alat Peraga dan Serangkaian Pertanyaan Kognitif di SD Sekaran 01 Semarang
114.
Optimalisasi Pontensi Unggulan Lokal dalam Pembelajaran Aritmetika Sosial pada Siswa Kelas VII SMPN 9 Semarang, sebagai Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi
115.
Penerapan Asesmen Kinerja untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Kerja Ilmiah pada Pembelajaran PA-Biologi di SMP Negeri 40 Semarang
116.
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati melalui Penerapan Model Investigasi Kelompok di SMA 9 Semarang
117.
Penggunaan Bagan Dikhotomi Konsep sebagai Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keanekaragaman Hewan pada Siswa Kelas I SMP Negeri 9 Semarang
118.
Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan bagi Siswa Kelas 3 SD Sampangan 04 Semarang
119.
Upaya Menumbuhkan Semangat Siswa Mencapai Standar Kompetensi dengan Model Pembelajaran Heroik dan Turnamen Matematika SMA
120.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Apresiasi Sastra pada Mata Pelajaran Bahasa Daerah di Kelas 7 SMPN 2 Sidoarjo melalui Penerapan Asesmen Autentik
121.
Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum
122.
Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Anak Autis melalui Implementasi Pendekatan Individualized Education Program (IEP) di SDN Inklusif Klampis Ngasem 1-246 Surabaya
123.
Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan Sosial melalui Pembelajaran Kontekstual Model Berkemah dan Media Pembelajaran Lingkungan di SD
124.
Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dalam rangka Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa dan Keterampilan Siswa dalam Penemuan Konsep secara Mandiri di SMPN 21 Surabaya
125.
Meningkatkan Kemampuan Aspek Psikomotor melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium pada Materi Termokimia di SMA Negeri 1 Jombang
126.
Penerapan Perangkat Pembelajaran Inovatif dalam rangka Peningkatan Penguasaan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kertajaya XIII Surabaya
127.
Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 3 Porong
128.
Menciptakan Iklim Pembelajaran Sejarah yang Menyenangkan melalui Snowball Drilling Method
129.
Penerapan Pola Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Surabaya
130.
Penggunaan Buku Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Siswa Kelas II SDN Jepara 2 Surabaya
131.
Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Keterampilan Scientifik dalam Mata Pelajaran Fisika di SMUN 1 Depok Slemant Yogyakarta
132.
Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SD Kelas V dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Cooperative Learning
133.
Perbaikan Teknik Menyanyikan Nada-nada Melodi melalui Teknologi MIDI di SD Negeri Kalasan I - Yogyakarta
134.
Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas 1 SMK Negeri 1 Palangkaraya dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pemberiaan Feedback dan Reinforcement
135.
Peningkatan Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses dan Media Gambar di Kelas II SDN Menteng 6 Palangkaraya
136.
Penerapan Pembelajaran Perspektif Pemodelan Matematika Bermediasi RME untuk Penalaran dan Penguasaan Konsep Statistika bagi Siswa Kelas II SMUN 3 Palangkaraya
137.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran untuk Melatih Keterampilan Berpikir dalam Proses Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah di SMA Negeri-1 Palangkaraya
138.
Model Reader Respons untuk Meningkatkan Minat dan Keberanian Siswa Mengemukakan Tanggapan dalam Pembelajaran Sastra Sunda di SMA Pasundan 2 Bandung
139.
Pengembangan Strategi Pembelajaran Menulis dengan Model Menulis Proses dan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar Kabupaten Sumedang
140.
Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Menulis Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode VAKT di SD Permata Hijau Rancaekek Kab. Bandung
141.
Pelaksanaan Pembelajaran Kimia yang Berorientasi pada Struktur dalam rangka Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMA PGRI Cililin Kab. Bandung
142.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Gejala-Gejala Alam dengan Menggunakan Media Pembelajaran Mock Up di Sekolah Dasar Negeri Embong 2 Bandung
143.
Optimalisasi Penggunaan Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Sains di SDN Puncakmulya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya
144.
Dramatisasi Cerita Bergambar untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Berekspresi Sastra di Sekolah Dasar
145.
Pemberdayaan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 4 SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru
146.
Peningkatan Partisipasi Siswa dengan Model Inkuiri Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Pembelajaran Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Jetis, Bantul Yogyakarta
147.
Pemakaian bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Soal Cerita Matematika pda Siswa Kelas 5 SD Negeri 15 Surakarta
148.
Penggunaan Aktivitas-Aktivitas Model (Model Activities) dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar.
149.
Penggunaan Software SIG Khusus dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif untuk Mempermudah Penguasaan Kompetensi SIG pada Pembelajaran Geografi di SMAN I Surakarta
150.
Peningkatan Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial dengan Teknik Jigsaw di SMP Negeri 17 Palembang
151.
Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia di SMA Srijaya Negara melalui Penerapan Cooperative Learning dan Authentic Assessment
152.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas II SMP Negeri 52 Palembang melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Jigsaw
153.
Peningkatan Pemerolehan Bahasa Indonesia Ragam Tulis Siswa Madrasah Ibtidiyah Aliyah II Palembang melalui Strategi Kooperatif Integrasi Membaca dan Menulis
154.
Penerapan Strategi Suggestopedia dalam upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMP Negeri 1 Palembang
155.
Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Teknik Tell Me What You See I pada Siswa Kelas V SD Negeri 210 Palembang
156.
Peningkatan Pemahaman Guru tentang Pembelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris melalui Supervisi Klinis di Kelas VII Koalisi SMP Negeri 1 Palembang
157.
Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Metode Improve untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik dan Aktifitas Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Menengah (SMA) Negeri I Balaraja Kabupaten Tangerang - Banten
158.
Penggunaan Alat Peraga Matematika dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Serang
159.
Pemanfaatan Simulasi Komputer sebagai Media Pembelajaran untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Konsep Mekanika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu
160.
Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Karunadipa Palu terhadap Konsep Keliling dan Luas Daerah Bangun Datar
161.
Penerapan Pendekatan Open-Ended dan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) pada Sub Pokok Bahasan Operasi Pecahan di Kelas VII SLTP Negeri 1 Palu
162.
Pendekatan Salingtemas dikombinasikan Pemakaian Multimedia dalam Pembelajaran Kimia kelas X untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Ilmiah Siswa SMA Negeri 6 Palu
163.
Implementasi Perangkat Model Bangun Ruang Sisi Lengkung dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Tabung, Kerucut dan Bola di Kelas II SMP Negeri 1 Palu
164.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Palu Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Mengoptimalkan Kegiatan Pembelajaran di Laboratorium.
165.
Penerapan Pendekatan Struktur Konsep untuk Peningkatan Pemahaman dan Penerapan Konsep Fisika dalam Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP Negeri 19 Palu
166.
Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Fisika Melalui Optimasi Rubrik Performance Assessment
167.
Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 2 Dolo)
168.
Implementasi Perangkat Model Geometri Molekul dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Teori Domain Elektro dan Gaya Antarmolekul di Kelas XI SMU Negeri 1 Palu
169.
Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Komputer Program Interactive Atlas 2002 untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Region Siswa Kelas IX SMPN 4 Sindue
170.
Meningkatkan Kualitas Hasil dan Proses Pembelajaran Siswa tentang Kinematika Melalui Pembelajaran Multimodel Berbasis CTL pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kabupaten Pontianak

HASIL SELEKSI PROPOSAL PENELITIAN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN (RESEARCH FOR INSTRUCTIONAL IMPROVEMENT) TAHUN 2006 YANG LOLOS
















































































































































NO
JUDUL
1
Penerapan Strategi Elaborasi (Review, Self-Quest, Clarification) dan Pengajuan Masalah Menggunakan Bantuan Materi Ajar
2
Implementasi Pembelajaran Berwawasan Konstruktivis Dengan Metode PQRST Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Aljabar dan Trigonometri
3
Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran Kimia dan Pencemaran Lingkungan
4
Meningkatkan Kualitas Praktikum Kimia Anorganik dengan Menerapkan Paket Percobaan Bersiklus
5
Peningkatan Kemandirian Belajar dan Literasi Sosial-Budaya Mahasiswa Melalui Pengembangan Modul Belajar Yang Berwawasan Sosial-Budaya
6
Penggunaan Media Skripsi Dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menulis Karya Ilmiah
7
Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Minat, Pemecahan Masalah, dan Hasil Belajar Mahasiswa
8
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa Melalui Metode Membaca SQ3R dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca II di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP PGRI Semarang
9
Penerapan Model Tahapan Pembelajaran Gagne untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Matakuliah Peralatan Konstruksi
10
Optimasi Proses dan Hasil Perkuliahan KDM Dengan Menggunakan Model Perkuliahan Problem-Based Teaching dan Problem-Based Learning
11
Pengembangan Pembelajaran Teknologi Perkerasan Jalan Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan
12
Peningkatan Kualitas Perkuliahan Program Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Teknik Pemodelan, Praktik Kerja, dan Supervisi Klinis
13
Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Melakukan Penilaian Autentik (Authentic Assesment dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Dalam Matakuliah Evaluasi Pendidikan)
14
Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Dasar Mahasiswa Pendidikan Kimia UM dengan Strategi Learning Cycle-Cooperative 5E (LCC-5E)
15
Pengembangan Paket Tutorial Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Persoalan Mekanika
16
Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik
17
Pembelajaran Kooperatif Model Investigasi Kelompok (IK) Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Praktikum Fisiologi Hewan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang
18
Penggunaan Journal Respon Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Membaca Ekstensif Program Pendidikan S-1 Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang
19
Upaya Meningkatkan Apresiasi Mahasiswa Dan Kualitas Pembelajaran Filsafat Sejarah Melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning / CTL)
20
Pengembangan Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Ativitas Mahasiswa Pada Statistika Matematika I
21
Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Argumentatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Melalui Asesmen Portofolio
22
Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jember Pada Mata Kuliah PPKn
23
Peningkatan Pemahaman Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Kalkulus II Dengan Model Standart NCTM
24
Pemanfaatan Tehnologi Informasi Pada Perkuliahan Pendidikan Matematika I Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jember
25
Peningkatan IPK Matakuliah Aljabar Linear Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Modul Dan CD Interaktif
26
Penerapan Pendekatan Model Pembelajaran Buzz Group Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Fisika FKIP Universitas Jember Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian
27
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Manajemen Busana Tailoring Melalui Program Remedial
28
Pengembangan Perangkat Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Pada Matakuliah Rangkaian Listrik I di Jurusan Elektro UNESA
29
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Unesa Melalui Penerapan Modul Pembelajaran Multimedia Interaktif Matakuliah Ilmu Gizi
30
Penggunaan Strategi Pengajuan Masalah (Problem Posing) Untuk Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Membuktikan Teorema Pada Matakuliah Pengantar Dasar Matematika (PDM)
31
Pengembangan Asesmen Berbasis Kompetensi Dalam Pembelajaran "Demografi" di Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Unversitas Negeri Surabaya
32
Peningkatan Perolehan Belajar Mahasiswa Melalui Rekonstruksi Matakuliah Dasar Dan Konsep Pendidikan Moral dengan Pendekatan Konstekstual
33
Peningkatan Kualitas Matakuliah Kimia Analitik II Melalui Pengembangan Bahan Pembelajaran Berorientasi Prinsip Belajar Konstruktivis
34
Latihan Mengorganisasi Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Mahasiswa Program S1 Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi
35
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia Dasar I Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Dengan Pendekatan Konstruktivisme Model Kooperatif Tipe Jigsaw II di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya
36
Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Konstruktivisme Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia Dasar I
37
Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Kriya Dalam Mata Kuliah Psikologi Malalui Teknik Jigsaw
38
Memaksimalkan Kemampuan Mengubah Kosakata Menjadi Kelompok Kata Yang Bermakna Kolokasi Pada Mata Kuliah Semantik Dengan Menggunakan Teknik "Treasure Hunt Game" Pada Mahasiswa Genap T. A 2005/2006 Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra dan Budaya
39
Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Kimia Dasar I Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dan Problem Posing
40
Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Melalui Penerapan Penilaian Berbasis Kelas (Studi pada Mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA-FKIP Universitas Haluoleo)
41
Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNHALU Pada Matakuliah PDM Melalui Keterampilan Penalaran Formal
42
Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Matakuliah Persamaan Diferensial Melalui Efektivitas Umpan Balik Tes Formatif Dengan Metode Diskusi
43
Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matakuliah Fisika Statistik Melalui Metode Latihan Berstruktur Dan Pengajaran Langsung (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan PMIPA FKIP UNHALU)
44
Pengembangan Kreativitas Mengajara Dosen Dalam Rangka Peningkatan Penguasaan Metodologi Penelitian Pendidikan Mahasiswa Pendidikan Sejarah
45
Penerapan Tutorial Berbantuan Komputer Pada Mata Kuliah Fisika Matematika I Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Haluoleo
46
Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Mata Kuliah Hukum Tata Negara Melalui Penerapan Penilaian Berbasis Sekolah (Studi Pada Mahasiswa S-1 PPKN Jurusan Pendidikan IPS-FKIP UNHALU)
47
Penerapan Model Pembelajaran Latihan Penelitian Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Matakuliah Kimia Lingkungan Berbasis Kompetensi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Bengkulu)
48
Pengembangan Strategi Pembelajaran Menulis Cerpen Secara Berjenjang Melalui Pengamatan Peristiwa Sehari-Hari (Experiencial Learning)
49
Optimalisasi Kemampuan dan Aktivitas Mahasiswa Pada Pembelajaran Kimia Polimer Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
50
Peningkatan Mutu Pembelajaran Matakuliah Kimia Organik I Melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan Model CLIS
51
Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Hukum Pidana
52
Pengembangan VCD Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Dalam Matakuliah Kimia Analitik I
53
Penggunaan Media Animasi dan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Kuliah Statistika Sosial
54
Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Matakuliah Demografi Teknik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lampung
55
Visualisasi Fenomena Sistem Kendali untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matakuliah Dasar Sistem Kendali (Studi Kasus pada Mahasiswa Teknik Elektro FT-UNILA)
56
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Pada Penggunaan Komputer Dalam Sistem Tenaga Listrik Melalui Penggunaan Program Simulasi Berbasis Matlab
57
Penerapan Teknik Penerjemahan/ Ãœbersetzung Berdasarkan Makna Untuk Meningkatkan Kemampuan Menerjemahkan Mahasiswa Bahasa Jerman
58
Pemanfaatan Bahan Ajar Dari Internet Pada Matakuliah Drama Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif (Penelitian Tindakan Kelas)
59
Penggunaan Model Kooperatif Pada Pembelajaran Kapselmat HI Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa
60
Pemberian Kuis Dalam Pembelajaran Sintaksis Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Teori Kelinguistikan
61
Pembelajaran Genetika Menggunakan Model pencapaian Konsep Berbasis Konstruktivisme Pada Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNJ
62
Pengaruh Pendekatan Konstruktivitas Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Mahasiswa PGSD UNJ
63
Mengembangkan Bahan Ajar Mata Kuliah Permodalan Koperasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa
64
Meningkatkan Kemampuan Hitung Integral Mahasiswa Matematika FKIP Universitas Jambi Melalui Penerapan Model Pencapaian Konsep
65
Penggunaan Model Pemberian Tugas Terstruktur dan Mandiri Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Dasar
66
Peningkatan Kinerja Mahasiswa Pada Matakuliah Teori Bilangan Melalui Pelaksanaan Asesmen dan Tutorial Akademik
67
Meningkatkan Penguasaan Konsep Kelistrikan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Melalui Pemberian Tugas Awal Terstruktur
68
Peningkatan Kualitas Penilaian Matakuliah Kalkulus I dan II Melalui Pemberian Quiz Berlapis dengan Umpan Balik Disertai Catatan
69
Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Siklus Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro
70
Peningkatan Kualitas Perkuliahan Kimia Organik Dengan Penerapan Pembelajaran Koopraetif (Tipe Stad) Melalui Pendekatan Siklus Belajar (Learning Cycle) Mahasiswa Pendidikan Biologi, Kurusan Pendidikan MIPA, FKIP UM Metro Semester Ganjil TA 2006/2007
71
Upaya Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Perkuliahan Scientific Writing melalui Model Pengajaran Social Inquiry
72
Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pemrograman Terstruktur Melalui Pembelajaran CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)
73
Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Nilai-nilai Demokrasi Mahasiswa
74
Pembelajaran Kreatif Produktif Matakuliah Morfologi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya
75
Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa Dalam pembelajaran Pokok Bahasan Demokrasi Pada Mata Kuliah Kewarganegaraan Negara Di Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) UMS 2005/2006
76
Optimalisasi Group Presentation Task Melalui Evaluasi Partisipasi Dalam Pembelajaran Tefl (Teaching English As a Foreign Language)
77
Peningkatan Analysis Skill Dan Problem Solving Melalui Group Investigation Method
78
Meminimalisasi Kesalahan Konsep Bentuk Geometri Molekul Dan Elektronik Dalam Mata Kuliah Ikatan Kimia Dengan Pembelajaran Problem Base Learning (PBL)
79
Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Strategi Tugas Kelompok Kecil Penegasan Indikator Kompetensi Dan Penerapan Evaluasi Berbentuk Portofolio (Penelitian Pada Mata Kuliah Fisika Matematika 2)
80
Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Peningkatan Kreatifitas Berpikir Pada Mata Kuliah Dasar-dasar PBM Biologi FKIP Universitas Mulawarman
81
Implementasi Model Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Teknik Digital
82
Mengefektifkan Pembelajaran Praktikum Dasar-dasar Kimia Analitik Melalui Penugasan Perencanaan percobaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
83
Pemanfaatan Program Animasi Sebagai Salah Satu Model E-Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Terbentuknya GGL Induksi Pada Perkuliahan Mesin Listrik Dasar
84
Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Fisika Matematika I Dengan Aplikasi MS Excel Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kooperatif Dengan Fasilitator Tutor Sebaya
85
Optimalisasi Kemampuan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Linguistik Umum Melalui Program Asesmen Dan Tutorial Akademik Mahasiswa
86
Meningkatkan Apreasiasi Matakuliah Geometri Analitik Dengan Proyek Simulasi Maple Pada Mahasiswa Jurusan Matematika UNNES
87
Upaya Meningkatkan Keterampilan Menari Tari Klasik Gaya Surakarta Melalui Pendekatan Apresiasi
88
Penerapan Kegiatan Laboratorium Inkuiri Pada Matakuliah Praktikum Fisika Dasar untuk Meningkatkan Kompetensi Bekerja Ilmiah
89
Upaya Mengatasi Kelemahan Mahasiswa Dalam Perencanaan Sistem Listrik Industri Melalui Pemanfaatan CAD (Computer Aided Design)
90
Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Naskah Pembelajaran Melalui Pendekatan Belajar Tuntas Pada Matakuliah Sinematografi
91
Upaya Peningkatan Kualitas Perkuliahan HAM Melalui Metode Komunikasi Reflektif Pada Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan FIS UNP
92
Model Asesmen Berbasis Komputer Sebagai Sarana Penilaian Hasil Belajar Kurikulum Berbasis Kompetensi
93
Pengembangan CD Rom Pembelajaran Fisika Dasar I Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Membantu Mahasiswa Tahun Pertama Dalam Mempelajari Konsep Fisika Secara Terpadu
94
Upaya Mengatasi Miskonsepsi Melalui Pendekatan Konseptual pada Matakuliah Fisika Dasar 1 di Jurusan Fisika FMIPA UNP
95
Pengembangan Model Pengembangan Pada Matakuliah Teknik Pembuatan Busana I Melalui Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning)
96
Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Metode Latihan dan Pemberian Tugas Pada Matakuliah Desain Busana I Mahasiswa PKK FT UNP
97
Implementasi Siklus ACE untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran ALE di Jurusan Matematika FMIPA UNP
98
Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization (TAI)
99
Meningkatkan Pertisipasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dan Sistem Asesmen Berbasis Kompetensi
100
Peningkatan Kualitas Perkuliahan Morfologi dengan Menggunakan Kamus Melalui Metode Discovery Pada Mahasiswa Semester III
101
Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pengamatan Media Gambar dan Preparat Secara Intensif Pada Materi Jaringan Tumbuhan
102
Peningkatan Kualitas Berpikir Kritis Dalam Perkuliahan Analisis Kesulitan Menulis Melalui Penilaian Berbasis Kelas
103
Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Materi Luas dan Volum Benda Putar Dengan Mengintentensifkan Pembelajaran Menggambar Grafik
104
Pengembangan Modul Pembelajaran Profesi Pendidikan Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa PPKn FKIP UNPAS
105
Memaksimalkan Proses dan Kualitas Produk Melalui Penerapan Model "Deconstruction-Construction" Dalam Matakuliah Writing III Untuk Mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unram
106
Optimalisasi Pembelajaran Matakuliah Strategi Pembelajaran PKn Melalui Implementasi Pendekatan Kompetensi (Penelitian Tindakan Kelas pada Mahasiswa Semester IV Prodi FKIP Unram)
107
Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Mahasiswa D2 PGSD FKIP Universitas Mataram Pada Matakuliah Konsep Dasar IPS Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual
108
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisika II Dengan Stategi Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif
109
Pengembangan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Permasalahan Lingkungan
110
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Kimia Fisika I FKIP UNSRI Melalui Pembentukan dan Pemberdayaan Kelompok Kecil Mahasiswa
111
Upaya Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Biologi Sel Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNSRI melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif
112
Peningkatan Kemampuan Menulis Feature Melalui Gaya Penulisan Sastra Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNSRI
113
Peningkatan Pembelajaran English for Young Learners Melalui Penerapan Teknik Praktis Bagi Mahasiswa Semester 4 D-II PGSD FKIP Universitas Sriwijaya
114
Pengembangan Keterampilan Mengajar Sejarah Melalui Model Individual Dalam Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Oleh Mahasiswa Program Studi Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya
115
Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus II yang "Mengalir" Pada Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
116
Pemanfaatan Multimedia Dikombinasi Latihan Berstruktur Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Tentang Konsep Mekanisme Reaksi Senyawa Organik
117
Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Dalam Matakuliah Termodinamika Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
118
Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Matakuliah Pengantar Dasar Matematika Dengan Pembelajaran Kooperatif
119
Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Matakuliah Kalkulus II Melalui Penggunaan Maple (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako)
120
Pembelajaran Interaktif Pada Topik Barisan (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako)
121
Mengefektifkan Pembelajaran Geometri Transformasi Melalui Pendekatan Implementasi Perangkat Alat Peraga Model Bangun Rotasi dan Translasi
122
Pembelajaran Mikrobiologi Dengan Pendekatan PBM Arcs - Model Dan Ketrampilan Proses
123
Penggunaan Alat IS-3-A Untuk Meningkatkan Kpmpetensi Mahasiswa Tentang Fungsi Keadaan Pada Mata Kuliah Kimia Fisik I
124
Penerapan Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Dalam Pokok Bahasan Metabolisme Karbohidrat
125
Peningkatan Kualitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Perkuliahan Kimia Dasar II Melalui Model Kooperatif Tipe STAD
126
Pemanfaatan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa Pada Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Administrasi Perkantoran
127
Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristik dan Algoritmik Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Gambar Mesin
128
Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Analitik Terhadap Keterampilan Pneumatik Mahasiswa Teknik Mesin UNY
129
Upaya Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Matakuliah Civilisation II Pendidikan Bahasa Perancis Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi
130
Desain Model Instalasi Pelapisan Logam Dekoratif Metode Electropating Untuk Pembelajaran Praktikum
131
Desain Model Komponen Pneumatik Dan Efektifitasnya Dalam Memperbaiki Kesalahan Konsepi Mahasiswa
132
Pengembangan Program Praktik Konseling Individual Berdasarkan Analisis Terhadap Latihan Keterampilan Konseling Mahasiswa
133
Pengembangan Strategi Pembelajaran Evolusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak Secara Kostruktivistik Mahasiswa Calon Guru Biologi Dalam Memahami Konsep-Konsep Evolusi
134
Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching ana Learning (CTL) Dalam Matakuliah Politik Hukum Di Jurusan PMPKN-FPIPS UPI
135
Peningkatan Penguasaan Kompetensi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Psikologi Organisasi Melalui Studi Dan Forum Simposium
136
Pengembangan Model Pembelajaran STS (Science Technology-Society) Untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa Terhadap Matakuliah Ekologi Manusia
137
Model Pembelajaran Yang Memadukan Pendekatan Konseptual Interaktif dan Strategi Problem Solving Untuk Perkuliahan Fisika Dasar II
138
Kemampuan Menggambar Karakter Model Melalui Pengolahan Unsur Visual Pada Matakuliah Gambar IV B
139
Model Pembelajaran Hipermedia Kinematika Partikel Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa
140
Pengembangan Model Writing Workshop Dalam Matakuliah Ecrire IV Melalui Internet Berbasis Konsep Hipermedia Sebagai Inovasi Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa
141
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya Pada Matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD Program S1 PGSD Universitas Terbuka
142
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Budaya (PBB)
Previous
Next Post »