membuat tombol animasi Bumi mengelilingi matahari (gerak revolusi) dengan macromedia flash





Bumi mengelilingi matahari (gerak revolusi)
1. Langkah pertama yaitu membuat animasi , pada kasus ini saya membuat animasi bumi mengelilingi matahari. 

  1. Selanjutnya, uintuk membuat icon play dan stop yan g bisa dijalankan, pertama-tama kita harus membuat layer baru terlebih dahulu, lalu pada layer tersebut, kita masukkan icon yang dibutuhkan, dalam kasus ini yaitu tombol play dan stop. 

  2. Kita memasukkan tombol tersebut dengan cara meng klik window, lalu common library, lalu button. Pada button ini disediakan banyak icon tombol, kita ambil yang diperlukan saja yaitu tombol play dan stop.









  1. Pada tombol play, kita akan memberikan perintah play and stop. Caranya, yaitu dengan meng klik tombol play, lalu klik F9, lalu klik tanda tambah, lalu plih global funcion, lalu movie clip control, lalu on.

  1. Selanjutnya pada on itu kita isi release, lalu kembali klik tambah, global funcion, lalu pilih time lin control, dan go to and play, lalu dalah kurungnya masuikkan angka 2, artinya perintah terrsebut dimulai pada frame ke 2.









  1. Langkah yang sama dilakukan pada tombol stop, hanya pada bagian klik go to and play kita ganti dengan meng klik go to and stop, lalu dalam kurungnya kita isikan angka yang menunjukkan di frame mana ia akann berhenti atau stop, sesuai perintahnya.


  1. Terakhir klik alt+enter, dan lihat apakah tombol tersebut bekerja sesuai dengan perintahnya, jika sesuai maka anda berhasil. 

Previous
Next Post »