Gerakan Bulan



  Gerakan Bulan


Bentuk dan Dimensi Bulan






Seperti penampakannya setiap purnama, bulan berbentuk bulat dan permukaannya banyak terdapat kawah. Kawah-kawah tersebut sebagian besar berupa kawah meteorit dan sedikit kawah vulkanik. Hal ini disebabkan bulan tidak mempunyai atmosfer sehingga meteor tidak terbakar pada waktu memasuki medan gravitasi bulan.
Data karakteristik bulan adalah sebagai berikut.
1.      Massa bulan        = 7 x 1022 kg
2.      Jari-jari bulan     = 1670 km    
3.      Volume bulan     = 2 x 1019m3 
4.      Massa jenis bulan (r)    = 3,5 gram cm-3
5.      Jarak terjauh bulan terhadap bumi (apogea)                         = 407.000 km
6.      Jarak terdekat bulan terhadap bumi (perigea)                       = 356.000 km
7.      Jarak rata-rata bulan terhadap bumi                           = 384.000 km
8.      Percepatan gravitasi bulan (g bulan)      = 1/6 percepatan gravitasi bumi ((g bumi)
9.      Kecepatan melepaskan diri dari gravitasi bulan = 2,4 km s-1.


Bagian permukaan bulan yang tampak hitam dari bumi berupa maria. Maria ialah dataran yang dahulu disangka laut (maria berarti laut). Permukaan bulan sudah dipetakan, antara lain ada 9 maria, Copernicus, Eratosthenes, Archimides, dan kawah.
Kala revolusi bulan terhadap bumi sama dengan kala rotasi bulan. Akibatnya bagian bulan yang menghadap bumi selalu tetap.
Bentuk bulan yang tampak tergantung pada kedudukan bulan terhadap bumi.


Perputaran Bulan


Bulan mengalami tiga gerakan sekaligus yaitu berotasi pada porosnya, berevolusi mengelilingi bumi, bersama bumi mengelilingi matahari. Selain itu dalam skala besar bulan juga mengikuti matahari mengelilingi pusat galaksi bima sakti.






Bidang edar bulan mengelilingi bumi bersudut 5° terhadap ekliptika. Periode rotasi bulan  sama dengan periode revolusi bulan terhadap bumi. Periode revolusi bumi
terhadap matahari sama dengan dua belas kali periode revolusi bulan terhadap bumi. Periode revolusi bulan 29,5 hari. Tahun berdasar periode revolusi bulan selama 12 kali disebut tahun bulan atau tahun Komariah atau tahun Hijriah.
Jadi tahun Hijriah berumur 354 hari. Seperti tahun matahari (tahun Masehi), pada tahun Hijriah juga terdapat tahun kabisat. Tahun Hijriah yang mengalami tahun kabisat berumur 355 hari. Penambahan 1 hari pada tahun tersebut ditempatkan pada bulan terakhir yaitu bulan Zulhijah.
Perbedaan tahun matahari (Masehi) dan tahun bulan (Hijriah) adalah sebagai berikut.



Tahun
Tahun Masehi
Tahun Hijriah
Tahun biasa
Tahun kabisat
365 hari
366 hari
354 hari
355 hari


Tahun kabisat pada tahun matahari adalah  tahun yang habis dibagi angka 4. Tahun kabisat pada tahun Hijriah ialah tahun yang angka tahunnya jika dibagi 30 sisanya 2, 3, 7, 10, 13, 15, 18, 21, 24, 26, dan 29.
Previous
Next Post »