PIRANTI KOMPUTER
Piranti Komputer terdiri atas:
1. Piranti Masukan (Input Device)
2. Piranti Keluaran (Output Device)
Umumnya diperlukan lebih dari satu piranti masukan agar dapat saling melengkapi, misalnya keyboard dan mouse.
I. Piranti Masukan
1. Piranti Masukan Sesuai Dengan Jenis Pekerjaan
Jenis Pekerjaan Piranti Yang Cocok
Masukan Numerik Tombol Numerik
Masukan Teks Alphanumerik keyboard (QWERTY)
Seleksi obyek Mouse, joystik, trackball, light pen
Manipulasi objek Mouse, joystik, trackball, light pen
Tracking (alur) Mouse, light pen.
1.1 Keyboard
- Salah satu piranti input yang paling utama untuk berinteraksi dengan sistem
komputer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks
- Kelemahan: untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis: dari suatu
menu), keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai.
1.2 Audio
Mikropon
Prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya
suara, mejadi variasi isyarat listrik
Automatic Speech Recognition (ASR)
Sistem ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat, sistem ini
memiliki: penganalisis, pengklasifikasi pola dan pemrosesan bahasa
1.3 Pointing Devices
Piranti penunjuk merupakan piranti masukan kontinu, meskipun mouse dapat dianggap
sebagai piranti kontinu dan diskrit (dengan menekan tombol mouse)
Piranti Penunjuk ini meliputi: Mouse, Joystick dan Trackball.
1. Mouse
Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar:
- Kemampuan menggerakkan kursor
- Kemampuan memilih suatu obyek pada layar dalam satu piranti
2. Joystick
Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada
sebuah alas
Sifat joystick:
- Membutuhkan tempat yang sedikit
- Tidak mengganggu layar
- Harganya murah, banyak digunakan pada permainan komputer (game)
3. Trackball
Merupakan gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang
tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola utk memindahkan
kursor.
Sifat trackball
- Mudah dipelajari
- Membutuhkan sedikit ruangan
- Efesien dalam ketepatan dan kecepatan
1.4 Scanner
Merupakan piranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, bahkan juga
tulisan tangan. Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat
disimpan di dalam disk.
II. Piranti Keluaran
2.1 Monitor
Monitor adalah perangkat komputer yang menampilkan output pada layar komputer
Jenis-jenis monitor:
- Tabung sinar katoda (CRT)
- Monitor LCD (Liquid crystal Dispaly)
CRT
LCD
2.2 Printer
Perangkat komputer yang menghasilkan data berupa cetakan baik berupa teks atau
gambar
2.3 Plotter
Plotter adalah printer yang menggunakan pena yang bergerak di atas selembar kertas
besar revolving
2.4 Audio Output
Perangkat komputer yang menghasilkan kemampuan untuk keluaran yang berupa suara
Komponen yang diperlukan :
- Sound card
- Speakers
Sound card
Speaker
Piranti Komputer terdiri atas:
1. Piranti Masukan (Input Device)
2. Piranti Keluaran (Output Device)
Umumnya diperlukan lebih dari satu piranti masukan agar dapat saling melengkapi, misalnya keyboard dan mouse.
I. Piranti Masukan
1. Piranti Masukan Sesuai Dengan Jenis Pekerjaan
Jenis Pekerjaan Piranti Yang Cocok
Masukan Numerik Tombol Numerik
Masukan Teks Alphanumerik keyboard (QWERTY)
Seleksi obyek Mouse, joystik, trackball, light pen
Manipulasi objek Mouse, joystik, trackball, light pen
Tracking (alur) Mouse, light pen.
1.1 Keyboard
- Salah satu piranti input yang paling utama untuk berinteraksi dengan sistem
komputer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks
- Kelemahan: untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis: dari suatu
menu), keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai.
1.2 Audio
Mikropon
Prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya
suara, mejadi variasi isyarat listrik
Automatic Speech Recognition (ASR)
Sistem ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat, sistem ini
memiliki: penganalisis, pengklasifikasi pola dan pemrosesan bahasa
1.3 Pointing Devices
Piranti penunjuk merupakan piranti masukan kontinu, meskipun mouse dapat dianggap
sebagai piranti kontinu dan diskrit (dengan menekan tombol mouse)
Piranti Penunjuk ini meliputi: Mouse, Joystick dan Trackball.
1. Mouse
Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar:
- Kemampuan menggerakkan kursor
- Kemampuan memilih suatu obyek pada layar dalam satu piranti
2. Joystick
Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada
sebuah alas
Sifat joystick:
- Membutuhkan tempat yang sedikit
- Tidak mengganggu layar
- Harganya murah, banyak digunakan pada permainan komputer (game)
3. Trackball
Merupakan gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang
tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola utk memindahkan
kursor.
Sifat trackball
- Mudah dipelajari
- Membutuhkan sedikit ruangan
- Efesien dalam ketepatan dan kecepatan
1.4 Scanner
Merupakan piranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, bahkan juga
tulisan tangan. Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat
disimpan di dalam disk.
II. Piranti Keluaran
2.1 Monitor
Monitor adalah perangkat komputer yang menampilkan output pada layar komputer
Jenis-jenis monitor:
- Tabung sinar katoda (CRT)
- Monitor LCD (Liquid crystal Dispaly)
CRT
LCD
2.2 Printer
Perangkat komputer yang menghasilkan data berupa cetakan baik berupa teks atau
gambar
2.3 Plotter
Plotter adalah printer yang menggunakan pena yang bergerak di atas selembar kertas
besar revolving
2.4 Audio Output
Perangkat komputer yang menghasilkan kemampuan untuk keluaran yang berupa suara
Komponen yang diperlukan :
- Sound card
- Speakers
Sound card
Speaker