Soal Mekanika: Kecepatan Relatif 1


Pertanyaan: (Kecepatan relatif) Sebuah perahu berlayar di sungai. Dalam perjalanannya perahu melewati sebuah botol di titik A. Satu jam kemudian perahu berbalik arah dan berpapasan dengan botol tadi pada jarak 6 km dari titik A. Kecepatan perahu konstan. Hitung kecepatan arus sungai!

 

Jawab: Pada diagram di atas anggap perahu berbalik di titik C (abaikan perubahan kecepatan selama berbelok) dan bertemu kembali dengan botol di titik B. Anggap kecepatan perahu relatif terhadap arus sungai adalah Vp dan kecepatan arus sungai terhadap tanah adalah Va. Kecepatan perahu relatif terhadap tanah (perjalanan A ke C) adalah Vp + Va. Sedangkan dari C ke B kecepatan perahu relatif terhadap tanah adalah Vp − Va.

Dari gambar terlihat bahwa:
AC = AB + BC (untuk perahu)
VAC •tAC = AB + VBC •tBC
VAC •tAC = AB + VBC •(tAB(botol) − tAC(perahu))
(Vp + Va)•1 = 6 + (Vp − Va)(AB/Va − tAC)
(Vp + Va) = 6 + (Vp − Va)( 6/Va – 1)

Selesaikan persamaan di atas kita akan peroleh: Va = 3,0 km/jam. Cara cerdik: waktu yang diperlukan perahu dari A ke C adalah 1 jam. Waktu dari C ke B pasti 1 jam pula. Jadi waktu A-C-B adalah 2 jam. Waktu ini sama dengan waktu yang diperlukan botol dari A ke B. Jadi kecepatan arus (kecepatan botol) adalah 6 km/2 jam = 3 km/jam. (Diskusikan mengapa waktu yang diperlukan dari C ke B itu 1 jam pula!)
Previous
Next Post »