LPPM WAHANA EDUCATION Ikut serta dalam Diklat dan Uji Kompetensi Pengelola LKP

Pimpinan lembaga LPPM Wahana Education, ikut serta dalam kegiatan Diklat dan pelaksanaan uji kompetensi Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (PLKP) yang diselenggarakan atas kerjasama Direktorat PPTK PAUDNI KEMDIKBUD RI dengan Lembaga Sertifikasi kompetensi PLKP yang bertempat di LPMP Provinsi NTB pada tanggal 3 s/d 6 November 2014.
Dalam kegiatan ini pimpinan LPPM Wahana Education bersama 50 pimpinan lembaga berkualitas di NTB mendapatkan Diklat di bidang kepemimpinan, pendidikan karakter, perencanaan dan pengorganisasian program kursus, pelaksanaan program kursus dan supervisi PTK, Sosialisasi Permendiknas No. 42 tahun 2009, pencitraan dan kemitraan lembaga kursus, dan kewirausahaan.
selain itu pada hari terakhir nanti akan diadakan juga Uji Kompetensi di 4 bidang yaitu :
1. Kompetensi Kepribadian
2. Kompetensi Sosial
3. Kompetensi Manajerial
4. Kompetensi Kewirausahaan

berikut intisari materi Uji Kompetensi Pengelola LKP:
1. Kompetensi Kepribadian

Adalah kompetensi pengelola dalam sikap/perilaku/karakter atau ciri khas fisik, mental, spiritual dan sosial pribadi pengelola LKP.

Kepribadian
  • Kepribadian positif
  • Kepribadian negatif
Kompetensi kepribadian yang harus dimiliki oleh pengelola LKP adalah kepribadian positif, ciri-cirinya adalah

a. Early Bird
  • Antisipatif
  • Proaktif
  • Berpikir nanti bagaimana bukan bagaimana nanti dengan menjalankan sesuatu dengan terencana.

b. Jadi Loko
  • Memberi tauladan
  • Memimpin
  • Selalu punya visi, value, vitality
  • Inisiatif
  • Penyebar semangat
  • Memberi manfaat
  • Memberi inspirasi

c. Powerfull
  • Memiliki potensi diri yang dapat dikembangkan
  • Memiliki potensi lingkungan
  • Memiliki target
  • Memiliki strategi
  • Selalu berbuat/bertindak (action)

d. Komit
  • Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas dan fungsi
  • Memiliki keinginan kuat dalam pengembangan diri
  • Memiliki pengendalian diri dalam menghadapi masalah pekerjaan
  • Memiliki minat terhadap jabatan sebagai pemimpin lembaga pendidikan

e. Yes I Can
  • Keyakinan, pikiran, kata-kata, tindakan, nilai dan kebiasaan dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik

f. Ikhlas
  • Bersih, murni
  • Tanpa pamrih
  • Semangat pengabdian
  • Keperpanggilan
  • Amanah
  • Semata-mata ibadah.

Orang yang memiliki kepribadian positif tercermin dalam
  • Sikap positif (selalu optimis)
  • Wajah ceria
  • Matanya bersinar
  • Tersenyum
  • Antusias (penuh semangat)
  • Bahasa tubuh dan kata
  • Spiritual dan sosialnya seimbang

Sementara orang yang memiliki kepribadian negatif tercermin dalam
  • Sikap negatif (pesimis)
  • Selalu mengeluh
  • Kehilangan energi (loyo)
  • Terlihat lelah
  • Perasaan tertekan
  • Stress

Manfaat Kepribadian Positif
  • Sikapnya yang menarik
  • Membuat yang cantik/ganteng menjadi lebih cantik/ganteng
  • Memantulkan ciri khas yang lazimnya tidak nampak
  • Memantulkan cahaya dan daya tarik yang langgeng.


2. Kompetensi Sosial

Adalah kompetensi pengelola LKP yang berkaitan dengan masalah sosial lingkungan intern dan ekstern, teknik komunikasi dan pengembangan jaringan kemitraan.

Beberapa aspek yang dinilai dalam kompetensi sosial:
  • Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama
  • Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai ketentuan)
  • Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya)
  • Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku)
  • Keteladanan ( menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi orang lain)
  • Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas)
  • Inovasi dan keativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui olah pikirnya)
  • Kemampuan beradaptasi dengan masyarakat di sekeliling lembaga
  • Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-ide dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran)
  • Kemampuan kerjasama dalam pekerjaan sesama pengelola
  • Keberhasilan melakukan kerjasama dengan stakeholder
  • Kemampuan membantu masyarakat di sekitar lembaga
  • Memiliki kepedulian terhadap masalah sosial
  • Berpartisipasi dalam kegiatan sosial
  • Suka menolong sesama makhluk Tuhan

3. Kompetensi Manajerial

adalah kompetensi pengelola LKP dalam menjalankan fungsi manajemen.

Fungsi manajemen
  • Planning: merencanakan program kursus dan pelatihan
  • Organizing: Mengorganisasikan program kursus dan pelatihan
  • Actuating: melaksanakan program kursus dan pelatihan
  • Controlling: mengevaluasi program kursus dan pelatihan

PLANNING

4 tingkat kemampuan dasar dalam kegiatan perencanaan
  • Insight : Kemampuan untuk menghimpun fakta dengan jalan mengadakan penyelidikan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan masalah yang direncanakan
  • Forsight : Kemampuan untuk memproyeksikan atau menggambarkan cara yang akan ditempuh, memperkirakan keadaan yang mungkin timbul sebagai akibat dari kegiatan yang dilakukan.
  • Eksploratif : Kemampuan untuk melihat segala sesuatu secara keseluruhan sehingga diperoleh gambaran secara integral dari kondisi yang ada.
  • Doorsight : Kemampuan untuk mengetahui segala cara yang dapat menyamarkan pandangan sehingga memungkinkan untuk dapat mengambil keputusan
4 Tahap Dasar Perencanaan
  • Menetapkan visi, misi, tujuan
  • Menganalisa keadaan saat ini dari berbagai segi, ekonomi, politik, budaya dan sosial masyarakat
  • Menganalisa kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), kesempatan/peluang (opportunity) dan ancaman (threatment) lembaga kursus dan pelatihan yang dikelola. DIkenal dengan analisa SWOT.
  • Menyusun rencana pengelolaan kursus dan pelatihan baik perencanaan strategis maupun teknis operasional.

ORGANIZING

merupakan kegiatan menggabungkan seluruh potensi yang ada di seluruh bagian dalam suatu kelompok orang/badan/organisasi untuk bekerja bersama-sama guna mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama.

Tahapan
  • Menyusun struktur organisasi dari mulai level atas sampai level bawah.
  • Menempatkan orang-orang yang tepat ke dalam struktur organisasi
  • Menciptakan budaya dan iklim kerja yang kondusif untuk mewujudkan proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik.
ACTUATING

Ada 10 Kegiatan actuating
  • Menerapkan strategi pemasaran yang tepat dalam memperkenalkan program kursus dan pelatihan
  • Mengelola pengembangan dan implementasi kurikulum sesuai dengan jenis kursus dan pelatihan
  • Mengelola peserta didik meliputi penerimaan, penempatan, pembelajaran, pemantauan, penilaian dan penelusuran
  • Mengelola keuangan sesuai dengan prinsip transparansi, efisiensi, dan akuntabilitas
  • Mengelola sarana dan prasarana LKP dari mulai perencanaan, pengadaan, pencatatan, pemeliharaan, dan pemanfaatan secara optimal
  • Mengelola administrasi LKP dalam mendukung kelancaran program dan kelengkapan dokumen
  • Mengelola sistem teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam mendukung manajemen lembaga
  • Mengelola layanan kegiatan ekstra program dalam mendukung kegiatan pembelajaran di dalam dan luar LKP
  • Mengelola hubungan dan kerjasama dengan pihak terkait dalam rangka pencarian dukungan, ide, sumber pembelajaran dan pembiayaan
  • Mengelola sumber daya manusia di LKP

CONTROLLING

4 tahapan controlling
  • Tahap 1 merencanakan pengawasan, pemantauan, dan evaluasi program kegiatan kursus dan pelatihan
  • Tahap 2 melaksanakan pengawasan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan hasil program
  • Tahap 3 menindaklanjuti hasil evaluasi untuk perbaikan program
  • Tahap 4 melaksanakan penelusuran lulusan untuk memperoleh umpan balik dalam upaya meningkatkan mutu program
4. Kompetensi Kewirausahaan

adalah kompetensi pengelola LKP dalam menjalankan usaha mandiri

Pilar Wirausaha
1. Memanfaatkan peluang
2. Mengantisipasi resiko
3. Mengembangkan program
4. Pencitraan

4 Konsep Wirausaha
1. Fokus
2. Flexible
3. Fast
4. Friendly

Pencitraan bagi LKP sangat penting karena
  • Dapat merangsang penjualan produk
  • Membangun nama baik
  • Mempengaruhi investor
  • Mendapatkan posisi dalam persaingan

Citra LKP ditentukan oleh
  • entuk organisasi
  • Pengurus
  • Nilai/norma
  • Tujuan

Citra LKP dipengaruhi oleh
  • Personal
  • Manajemen
  • Produk/program yang diselenggarakan
  • Networking

Faktor pembentuk citra
  • Kesan psikologis
  • Pengalaman
  • Success story lulusan
Pengukuran citra LKP
  • Kepercayaan di masyarakat
  • Manfaat yang dirasakan oleh masyarakat
  • Kerjasama dengan semua pihak
  • Kesadaran dari masyarakat
Bagaimana membangun citra LKP?

Visi-Misi
  • Publikasi yang tepat
  • Budaya kerja yang positif
  • Mobilitas SDM ke arah yang lebih baik
  • Mengabdi kepada masyarakat
  • Menebar manfaat nyata di masyarakat
  • Mengikuti ajang kompetensi

Tahapan komunikasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)
  • Memperkenalkan diri
  • Menyesuaikan program kursus dan pelatihan dengan kebutuhan DUDI
  • Menyiapkan program
  • Menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan
  • Menyiapkan fasilitas

Previous
Next Post »